February 27, 2021
Penyakit Kelinci Yang Umum Terjadi dan Cara Mengatasinya

Penyakit Kelinci Yang Umum Terjadi dan Cara Mengatasinya

Penyakit kelinci seperti kelinci german giant sebenarnya tidak terlalu sulit diatasi jika kamu tahu permasalahannya. Apalagi pada dasarnya hewan ini cukup bersih dan juga punya daya tahan tubuh yang tinggi.

Tapi memang tidak menutup kemungkinan ada hal-hal yang tidak terprediksi terjadi. Namun bagi yang jual kelinci german giant tak perlu panik, karena semua permasalahan pada kelinci pasti ada penyelesaiannya.

Asal kamu tahu, setiap hewan peliharaan pasti punya penyakit. Tapi kadangkala ini disebabkan karena hal-hal sepele seperti salah makanan atau alergi. Nah di bawah ini ada beberapa penyakit yang biasa menyerang kelinci kamu dan cara mengatasinya.

Penyakit Kelinci Yang Umum Terjadi

  • Tungau Telinga

Tungau Telinga adalah penyakit yang berasal dari serangga kecil yang berada di telinga kelinci. Biasanya, telinga kelinci akan terlihat berkerak, berwarna coklat dan gatal-gatal. Ini biasa ditandai dengan kelinci yang sering menggaruk-garuk telinga mereka. Jika begini segera periksa dan lakukan pencegahan atau mengobatinya.

Cara termudah adalah menggunakan semprotan yang diisi dengan minyak sayur. Atau kamu bisa memberikan beberapa tetes minyak sayur ke area yang terkena infeksi. Lakukan ini selama 7 hari, dan tunggu apakah itu dapat mengobati tungau telinga atau tidak.

  • Snuffles

Jika kelinci kamu mengeluarkan cairan di hidung, ini berarti mereka terkena Snuffles. Gejala ini biasanya ditandai dengan ingus, cakar kelinci kusut, sering bersin dan satu lagi mata mereka sering berair. Jika gejala seperti itu muncul, segera pisahkan kelinci ke tempat lain atau jangan disatukan dalam satu kandang.

Snuffles ini terjadi karena ada bakteri yang menyerang sistem kekebalan tubuh kelinci. Jadi cara mudahnya adalah memberikan diet dan juga makanan sehat ke kelinci kamu. Untuk tambahan, kamu juga bisa memberikan antibiotik atau minta rekomendasi ke dokter hewan langganan kamu.

  • Kembung atau Bloat

Ini masalah cukup besar jika terjadi pada kelinci kamu. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah mencegahnya terjadi dengan cara-cara sederhana.

Alasan kembung atau Bloat terjadi biasanya juga disebabkan oleh bakteri jahat yang terdapat di perut. Biasanya ini terjadi karena makanan mengandung jamur, makanan tidak cukup serat dan juga makanan sudah basi.

Jadi selalu perhatikan makanan yang akan kamu berikan ke kelinci setiap harinya. Jaga kebersihan makanan dan pastikan kandang juga tetap bersih tanpa jamur di sekitar.

Selain beberapa penyakit kelinci yang ada di atas, masih ada beberapa penyakit lainnya. Misalnya Coccidiosis, Sore Hocks, GI Stasis, dan Heat Stroke.